Membangun Android Library Pertama Anda

Menurut developer.android.com,

An Android library is structurally the same as an Android app module. It can include everything needed to build an app, including source code, resource files, and an Android manifest. However, instead of compiling into an APK that runs on a device, an Android library compiles into an Android Archive (AAR) file that you can use as a dependency for an Android app module

Secara singkat nya Android Library berisi kode-kode untuk fitur yang bisa kita gunakan untuk mempercepat pengembangan aplikasi android. Sebagai seorang Android Developer, kita pasti sudah tahu peran library-library tersebut dalam membantu pengembangan proyek yang sedang kita kerjakan.

Beberapa library yang sering kita gunakan seperti :

Nah, contoh diatas merupakan library yang telah dibuat oleh developer lain yang bisa kita gunakan. Sekarang kita akan mencoba membuat library pertama kita yang kita harapkan dapat digunakan untuk mempercepat pengembangan aplikasi orang lain. Pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana membuat library yang sederhana untuk membalikkan kata (reverse string) dan menggunakannya di android project.

Membuat Library Android

Sesuai dengan definisi diawal bahwa “Android library compiles into an Android Archive (AAR) “, maka output dari proses ini adalah sebuah file Android Archive (AAR) yang nantinya akan digunakan pada project lain.

Untuk memulainya, silahkan buat sebuah project baru di Android Studio. Setelah selesai, sekarang kita akan membuat sebuah Android Plugin dengan langkah berikut :

  • Pilih File > New > New Module
  • Pada Create New Module window yang terbuka, Pilih Android Library kemudian pilih Next
  • Isi Nama untuk library Anda. Untuk tutorial ini saya memberikan nama mystringlibrary untuk nama library. Kemudian pilih Finish
  • Tunggu sampai Gradle selesai sync, maka library anda akan muncul di panel sebelah kiri. Yeay. Anda sudah berhasil membuat library pertama anda
Step 2, Create New Module
Step 4, Library telah berhasil dibuat

Nah, meskipun library tersebut telah berhasil dibuat, tetapi library tersebut belum bisa melakukan apa-apa. Oleh sebab itu kita akan menulis fungsi yang akan dilakukan oleh library tersebut.

  • Buatlah sebuah Java File dalam Library tersebut. Untuk tutorial ini, saya menamai file tersebut StringUtil
  • Buatlah fungi untuk membalikkan urutan sebuah kata. Untuk tutorial ini, saya memberi nama fungsi tersebut reverse
package id.stevensiahaan.mystringlibrary;

public class StringUtil {

    public String reverse(String input) {
        StringBuilder output = new StringBuilder(input);
        return output.reverse().toString();
    }

}
  • Buka Gradle pane di sebelah kanan Android Studio Anda
  • Pilih mystringlibrary > Task > Build > Assemble
Creating AAR file

Assemble merupakan task yang dijalankan untuk meng-compile library project anda tersebut dan akan menghasilkan file Android Archive (.AAR). Jika proses assemble sudah selesai, maka silahkan buka direktori proyek library anda, maka akan ter-generate 2 file aar untuk debug dan release. File AAR tersebut yang nanti nya kita gunakan dalam android Project kita.

File AAR yang dihasilkan

Menggunakan Library Anda

Setelah berhasil menghasilkan library pertama anda, sekarang kita mencoba menggunakan library tersebut pada project android kita.

  • Silahkan buka Android Project anda
  • Pilih File > New > New Module
  • Pada Create New Module window yang terbuka, Pilih Import .JAR/.AAR Package kemudian pilih Next
  • Pilih File .AAR yang telah dihasilkan sebelumnya kemudian pilih Finish
  • Tambahkan dependency implementation project(‘:mystringlibrary-release’) pada file build.grade (Module:app) anda
  • Pilih Sync Now

Library sudah berhasil ditambahkan pada project Android Studio anda. Sekarang kita akan mencoba menggukan fungsi yang telah kita buat sebelumnya.

 StringUtil stringUtil = new StringUtil();
 Log.e("MainActivity","Result : "+stringUtil.reverse("Hello"));

Ketika kita run, dan buka Logcat, maka hasilnya akan tampil :

Result

Yeayyy Berhasil.
Kita telah berhasil membuat sebuah library sederhana dan menggunakannya pada proyek kita. Karena ini hanya merupakan tutorial, maka kita menggunakan contoh untuk fungsi yang sederhana saja seperti reverse String. Tapi saya berharap teman-teman nantinya dapat membuat library yang berguna dan membantu pengembangan proyek orang lain.

Source code dapat diunduh di :
https://github.com/stevensiahaan/learn-library-example

Demikian tutorial kali ini, saya mohon maaf kalau ada yang salah dan tidak sesuai. Jika ada yang masih bingung bisa langsung tanyakan ke saya : stevenjhsiahaan@gmail.com. Semoga tutorialnya bermanfaat.

Cheers ,
Steven Siahaan

Source :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *