Crash Reporting Android menggunakan Microsoft App Center

Halo semua, akhirnya saya kembali lagi setelah setahun lebih tidak menambah tulisan pada blog ini. Diawal tahun ini saya ingin mencoba untuk lebih banyak menulis lagi dan membagikan apa yang telah saya pelajari kepada teman-teman semua.

 

Kali ini saya ingin membagikan tentang Crash Reporting Tool pada Android menggunakan Microsoft App Center. Crash Reporting Tool berfungsi mengumpulkan informasi mengenai error yang terjadi pada aplikasi kita dan penyebab error tersebut. Dan tentunya itu sangat membantu bagi developer untuk memperbaiki bug tersebut. Ada beberapa Crash Reporting tools lain yang mungkin sudah familiar dengan teman-teman seperti Firebase Crashlytics atau Crashlytics , tapi sekarang kita akan membahas mengenai App Center Crashes dan bagaimana cara meng-integrasikannya dalam project teman-teman.

 Daftarkan dan Integrasikan aplikasi di Portal Ms App Center

Buka Portal Microsoft App Center di App Center dan login menggunakan akun anda .

Screen Shot 2018-12-04 at 21.41.58

Pilih Add new App dan isikan data-data aplikasi anda seperti berikut ini :

Screen Shot 2018-12-04 at 21.42.54

Setelah itu teman-teman akan diberikan halaman yang berisikan instruksi detail tentang bagaimana cara menambahkan App Center SDK kedalam aplikasi , atau bisa dilihat pada link berikut : App Center Getting Started .

 

Mencoba Membuat Error

Setelah teman-teman selesai meng-integrasikan aplikasi, jangan lupa mengaktifkan Crash Reportingnya supaya Crash Reporting nya bisa mulai untuk mengumpulkan informasi ketika terjadi error. Bisa diaktifkan pada runtime menggunakan :

Crashes.setEnabled(true);

App Center Crashes juga menyediakan API untuk menggenerate error sehingga kita bisa mencoba SDK ini dengan mudah. Oh iya, API ini cuma bisa digunakan saat mode debug saja ya :

Crashes.generateTestCrash();

 

Informasi Crash yang terkumpul.

Begitu terjadi error, kita bisa langsung melihat informasi mengenai error-error apa saja yang terjadi dan bagian mana yang menyebabkan error tersebut sehingga kita bisa langsung memperbaiki error tersebut :

Screen Shot 2018-12-04 at 22.19.14

 

Simple bukan ? Sekian dulu tentang bagaimana cara menggunakan Crash Reporting Tool dengan Microsoft App Center Crashes, semoga kedepannya saya bisa rutin membagikan apa yang saja pelajari kepada teman-teman semua.

Terima kasih, dan selamat mencoba :)

 

Reference :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *