Getting Started with MariaDB

What is MariaDB ?

MariaDB merupakan DBMS (Database Management System) yang mungkin sebagian orang belum pernah mendengar atau baru mengenal DBMS ini. Walaupun MySQL merupakan Database yang lebih popular daripada MariaDB, namun saat ini sudah banyak perusahaan besar yang melakukan migrasi dari MySQL ke MariaDB. Nah, MariaDB ini dikembangkan oleh para pengembang MySQL juga. MariaDB dikembangkan karena MySQL yang dulunya milik Sun Microsystem sekarang telah diakusisi oleh Oracle sehingga para pengembang MySQL pun tidak leluasa lagi memberikan peningkatan kepada MySQL. Selain itu, MySQL yang dulunya bersifat gratis sekarang bersifat premium.

mariadb_w_500

Jadi apakah MariaDB lebih baik dibandingkan MySQL? API dan Protokol yang ada pada MariaDB masih sama dengan yang ada di MySQL. Fitur yang ada pada MySQL juga sudah dikembangkan lagi pada MariaDB. Migrasinya database Google dari MySQL ke MariaDB membuat banyak orang menganggap bahwa MariaDB sudah jauh lebih stabil daripada MySQL. Pengembangan MariaDB juga sudah sepenuhnya terbuka ke public dan dapat didiskusikan di https://launchpad.net/~maria-developers . MariaDB juga memberikan storage engines yang lebih banyak. Jika anda masih menggunakan MySQL dan masih bingung ingin migrasi ke MariaDB atau tidak, mungkin bisa membaca artikel berikut : https://seravo.fi/2015/10-reasons-to-migrate-to-mariadb-if-still-using-mysql

Downloading and Installing MariaDB

Setelah kita mengenal apa itu MariaDB , sekarang kita mulai untuk menggunakannya. Untuk mengunduh MariaDB, silahkan kunjungi http://mariadb.org/ . dan pilih tab Download. 

download

pilih Download dan anda akan dialihkan ke halaman Download.

nextdownload

Pilih lah versi MariaDB yang ingin anda gunakan. Sedikit saran, pilihlah versi yang sudah stable. Setelah itu download.

isidata

Sebelum download, anda bisa mengisi data Diri anda dulu tersebut kemudian pilih Submit & Continue to Download. Tapi anda juga bisa langsung download tanpa mengisi form tersebut dan memilih No thanks, just take me to the download. 

Setelah sudah selesai di download, install MariaDB pada Windows anda.

install

Ikuti instruksinya sampai selesai .

finishinstall

Using MariaDB

Berikut saya berikan langkah-langkah untuk membuat database di MariaDB.

  1. Buka HeidiSQL dari Windows–> Start Menu
    1
  2. Pilih New Session name.
    2
  3. Rename Sessionname nya menjadi MariaDB@localhost ataupun sesuai keinginan anda. Isikan password. Pilih Save. Kemudian Open.
    3
  4. Pilih Create –> New Database untuk membuat Database baru.
    4
  5. Isikan nama database sesuai dengan yang anda butuhkan. Pada kasus ini saya ingin membuat database “tugasakhir”. dan kemudian pilih OK.
    5

Sekarang anda telah berhasil membuat database di MariaDB. Silahkan bereksplorasi dan semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih 😀

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *